KUNJUNGAN EDUKASI

*

KOMITE MAN 2 SURAKARTA ADAKAN KUNJUNGAN EDUKASI*
Surakarta, (6/10/2018)
Komite MAN 2 Surakarta mengadakan kunjungan edukasi ke MAN 3 Sleman Jogyakarta.
Dalam rangka mewujudkan pendidikan yang lebih maju perlu adanya terobosan – terobosan baru dari berbagai sektor sistem yang ada dalam lembaga pendidikan tersebut.
Kali ini Pengurus Komite MAN 2 Surakarta mencoba untuk memberikan kontribusi berupa gagasan positif serta melek terhadap kemajuan pendidikan di luar lembaga sendiri. Diprakarsai oleh ketua Komite MAN 2 Surakarta (Drs H Agus Hadi Susanto, M. S. I) Sabtu 6 Oktober 2018 beserta pengurus berjumlah 13 orang disertai Kepala Madrasah beserta para Wakil Kepala juga Kepala Tata Usaha dan Bendahara bertolak ke MAN 3 Sleman Jogyakarta dan MA Mu’alimin Muhammadiyah Jogyakarta.
Di MAN 3 Sleman Jogyakarta disambut langsung Oleh Kepala Madrasah juga Para pengurus Komite di Aula MAN 3 Sleman Jogyakarta.
Dalam Sambutannya Kepala MAN 2 Surakarta (Nuri Hartono) mengatakan bahwa agenda kunjungan edukasi ini adalah :
sebagai sarana silaturahmi antar lembaga dalam satu atap di bawah Kementerian Agama dan sesama MAN yang notabene mempunyai sejarah yang sama yaitu sama-sama dulu sebelum MAN namanya PGA Negeri hanya tempat berbeda dan prestasi yang berbeda pula.
Selain itu ia menambahkan kunjungan ini sebagai ajang (tholabul ‘ilmi) menggali ilmu setidaknya bisa melek prestasi paling tidak mendekati prestasi di bawah sedikit dari MAN 3 Sleman, Yogyakarta. Di samping itu Kepala MAN 2 Surakarta menambahkan adanya Komite dan para wakil kepala MAN 2 Surakarta melirik ke MAN 3 Sleman Jogyakarta selain ada kesamaan sejarah akan mengikuti perkembangan dan kemajuan MAN 3 Sleman Jogyakarta yang mempunyai Jargon Sekolah Para Juara ini juga akan belajar untuk bagaimana peran serta Komite dalam memberikan kontribusi baik ide, gagasan maupun membantu menentukan kebijakan Madrasah serta di bidang pengelolaan untuk melaksanakan adanya 8 standar pendidikan.
Pada acara tersebut disambut langsung oleh Kepala MAN 3 Sleman Jogjakarta (Ir H. Azis), dalam sambutannya menyampaikan bahwa pada waktu yang sama
ada 3 (tiga) tamu yaitu dari OSIS MAN Cilacap beserta para pembina, dari MTsN Kebumen berkunjung dalam rangka mengadakan MoU tentang pengelolaan perpustakaan, dan dari MAN 2 Surakarta.
Dia menambahkan pada dasarnya welcome untuk siapa saja yang penting saling mengisi sesama madrasah, jangan sampai madrasah maju hanya untuk dirinya sendiri tetapi harapannya semua Madrasah maju bersama tentu menurut ciri khusus dan kemampuan sendiri. Yang penting sesama madrasah saling mengisi.
Ketika ditanyakan oleh salah satu anggota komite dar MAN 2 Surakarta tentang sumber anggaran di MAN 3 Sleman Jogyakarta dari mana saja, beliau menjawab ada 2 sumber dana yang lazimnya sama dengan Madrasah Negeri lainnya yaitu : dari DIPA dan dari komite. Hanya saja dana komite ada 3 (tiga) macam bentuk dana dari masyarakat
– Dana personal artinya dana itu diberikan dari orang tua kembali ke siswa seperti semua sarana yang dinikmati langsung oleh siswa.
– dana operasional (dana bos) seperti (perangkat pembelajaran di kelas, LCD, mebeler, alat transportasi dan lain
– Dana investasi One day one thousand bagi siswa dan tidak mengikat dan orang tua wali siswa yang mempunyai lebih hartanya bisa meginvestasikan pada membangun tempat ibadah tersebut.
Ketika ditanyakan sejauh mana peran komite dalam memberikan kontribusi terhadap Madrasah… Peran komite adalah memberikan pertimbangan kebijakan, Memberikan pertimbangan tentang anggaran, ikut menentukan kebijakan membangun investasi gedung madrasah
Serta mengundang para ahli kurikulum sesuai dengan kebutuhan madrasah.
Ia menambahkan pada prinsipnya MAN 3 Sleman Jogyakarta karena sekolahnya para juara dalam pengelolaannya dimulai dari penjaringan peserta didik baru (PPDB) sudah mulai ketat seleksi masuk sesuai dengan standar yang dimiliki oleh madrasah, dengan cara menggali informasi dari orang tua dan siswa bersangkutan serta diberikan motivasi tentang pentingnya belajar di Madrasah.

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *