| | |

MAN 2 Surakarta Merayakan Keanekaragaman Budaya dalam Upacara Hardiknas

Surakarta, Kamis, 2 Mei 2024 – Momentum Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) pada tahun ini di MAN 2 Surakarta disambut dengan semangat yang luar biasa. Dengan tema yang mengangkat kekayaan budaya Indonesia, Madrasah ini menggelar upacara megah yang menjadi sorotan banyak orang.
Dari pagi, suasana Madrasah sudah terasa berbeda. Para siswa dan guru tampak sibuk mempersiapkan segala sesuatu dengan penuh antusiasme. Yang paling mencolok adalah pilihan pakaian yang dikenakan para peserta upacara. Mereka tampil dengan memakai pakaian adat dari berbagai daerah di Indonesia, memperlihatkan betapa kaya akan kebudayaan yang dimiliki bangsa ini. Ada yang mengenakan kebaya, batik, songket, Adat Bali, Ponorogo, dan beragam busana adat lainnya, memberi warna dan keindahan tersendiri dalam setiap langkah mereka.
Pada Puncak acara, diselenggarakan penyerahan piagam dan buku ontologi puisi kepada perwakilan Madrasah. Buku tersebut tidak hanya dianggap sebagai karya sastra biasa, namun hasil karya dari guru dan siswa MAN 2 Surakarta . Dalam buku tersebut terdapat kumpulan puisi-puisi yang menggambarkan Pendidikan , guru dan tokoh kehidupan masyarakat, serta nilai-nilai kearifan lokal yang dimiliki oleh Indonesia.
Penyerahan buku ontologi puisi ini dilakukan dengan penuh khidmat. Tidak hanya penyerahan buku Ontologi Puisi , dalam acara tersebut juga dipilih the best costum adat yang dipakai oleh para siswa, dan diserahkan penghargaan oleh Ibu Kepala Madrasah Dr. Hj. Lanjar Utami, M.Pd, Beliau Juga Menyampaikan kata-kata penyemangat kepada para siswa untuk terus mencintai dan melestarikan budaya bangsa. Beliau juga mengajak generasi muda untuk mengekspresikan diri melalui karya-karya sastra, sebagai bentuk apresiasi terhadap warisan budaya yang diberikan oleh nenek moyang. Madrasah MAN 2 Surakarta menekankan pentingnya pendidikan dalam memperkokoh identitas bangsa. Beliau juga menggarisbawahi bahwa pendidikan bukan hanya soal akademik, tetapi juga tentang bagaimana membentuk karakter dan kepribadian yang kuat, serta menghargai keberagaman budaya.
Acara ini tidak hanya menjadi perayaan Hardiknas semata, tetapi juga menjadi wahana bagi seluruh warga Madrasah untuk merasakan kebersamaan dan kebanggaan akan identitas budaya Indonesia. Semangat nasionalisme dan cinta akan budaya bangsa begitu terasa di setiap sudut acara.
Di akhir upacara, suasana haru dan kebersyukuran terpancar dari wajah para peserta. Mereka merasa bersyukur dapat menjadi bagian dari peristiwa bersejarah ini, yang tidak hanya meningkatkan rasa cinta akan pendidikan, tetapi juga menguatkan rasa cinta akan tanah air. Semoga semangat kebersamaan dan kecintaan akan budaya bangsa ini terus terjaga dan menjadi inspirasi bagi generasi-generasi mendatang.

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *