| | | |

Anggota Paskibra MAN 2 Surakarta Meraih Juara Best Pasukan pada LKBB Prasaja 2024

MAN 2 Surakarta kembali mencatatkan prestasi gemilang melalui anggota Paskibra MAN 2 Surakarta (PASNANDIKA) yang berhasil meraih juara Best Pasukan dalam Lomba Keterampilan Baris Berbaris Paskibra Prasabrata Bersahaja 2024 (LKBB PRASAJA 2024) tingkat Provinsi Jawa Tengah. Kompetisi bergengsi ini diselenggarakan di SMK Negeri 1 Pedan, Klaten, pada tanggal 22 Juni 2024, dan diikuti oleh 44 kontingen dari SMA, SMK, dan MA se-Jawa Tengah. Penyelenggaraan LKBB Prasaja 2024 bertujuan untuk meningkatkan kualitas keterampilan gerakan baris-berbaris (PBB) anggota Paskibra, termasuk di dalamnya anggota Paskibra MAN 2 Surakarta. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk menambah wawasan dan pengalaman para peserta, melatih kedisiplinan dan kekompakan antar anggota, membentuk karakter dan mental yang kuat, serta menumbuhkan jiwa kompetisi yang positif di kalangan anggota Paskibra.
Anang Ma’ruf Abir Rizqi, salah satu peserta dari kontingen MAN 2 Surakarta yang duduk di kelas XI F9, mengungkapkan rasa syukur dan kebanggaannya atas prestasi yang diraih. “Lomba Keterampilan Baris Berbaris, seperti yang diikuti baru saja oleh Paskibra MAN 2 Surakarta, yaitu LKBB Prasaja di SMKN 1 Pedan se-Provinsi Jawa Tengah, dapat mengasah kemampuan non-akademik bagi siswa dan siswi yang mengikuti lomba tersebut. Melalui kegiatan lomba ini, siswa-siswi mendapatkan pengalaman dan prestasi, serta membawa nama madrasah dikenal oleh banyak sekolah di luar sana. Saya bersyukur mendapat kesempatan bergabung dalam lomba tersebut dan alhamdulillah kami mendapat juara Best Pasukan,” ujar Anang dengan penuh kebanggaan.
Persiapan untuk mengikuti lomba ini telah dilakukan sejak bulan Maret 2024. Latihan intensif dilakukan secara rutin untuk memastikan bahwa setiap anggota Paskibra MAN 2 Surakarta siap tampil maksimal dalam kompetisi ini. Pembina sekaligus pendamping lomba, Ibu Anikmah Tul Husna, S.Pd., menyatakan bahwa persiapan yang panjang dan penuh dedikasi ini membuahkan hasil yang membanggakan.
“Kegiatan LKBB Prasaja tahun 2024 diikuti oleh 44 kontingen dari SMA, SMK, dan MA di Jawa Tengah dengan penyelenggara SMK Negeri 1 Pedan. Tahun ini, MAN 2 Surakarta mendapat kepercayaan dari madrasah untuk mengikuti lomba tersebut. Lomba ini memiliki banyak manfaat yang bisa dirasakan oleh para anggota, seperti pembentukan watak, melatih fisik, membentuk tanggung jawab, serta menanamkan sikap disiplin dan patriotisme. Persiapan lomba ini sudah kami lakukan sejak bulan Maret, dan lamanya proses latihan terbayarkan dengan mendapat juara Best Pasukan, Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada Ibu Kepala Madrasah dan seluruh pihak yang telah membantu kontingen dalam proses pelaksanaan lomba. Kami berharap ke depan siswa-siswi lebih banyak diberikan kesempatan untuk mengembangkan bakatnya di bidang PBB dengan mengikuti lomba-lomba PBB berikutnya” kata Ibu Anikmah dengan penuh syukur.
Kegiatan LKBB Prasaja 2024 dimulai dengan apel pembukaan pada pukul 07.00, di mana seluruh kontingen berkumpul di lapangan SMK Negeri 1 Pedan. Setelah apel pembukaan, setiap kontingen menampilkan keterampilan baris-berbaris mereka secara bergiliran sesuai dengan nomor urut yang telah ditentukan pada saat technical meeting. Kontingen MAN 2 Surakarta mendapat urutan tampil ke-26.
Setelah penampilan dari semua kontingen selesai pada pukul 17.00, acara dilanjutkan dengan istirahat, sholat, dan makan (Ishoma). Penutupan lomba dimulai pada pukul 19.00, yang dilanjutkan dengan pengumuman kejuaraan. Puncak acara pada pukul 20.00 hingga 21.30 diisi dengan hiburan yang meriah untuk para peserta lomba.

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *