Berita

MAN 2 SURAKARTA ADAKAN UPACARA HARI SUMPAH PEMUDA KE-88

Tanggal 28 Oktober merupakan hari yang bersejarah bagi bangsa Indonesia, karena di tanggal tersebut diperingati sebagai hari Sumpah Pemuda. Upacara hari ini berbeda dengan upacara yang biasanya dilaksanakan, karena upacara bendera hari ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-88. Upacara diikuti oleh semua warga Madrasah Aliyah Negeri 2 Surakarta.

Upacara memperingati hari sumpah pemuda mengingatkan kembali keberadaan pemuda dalam perjuangan Bangsa Indonesia terlihat sangat jelas, dan dari semangat pemuda lahirlah proklamasi kemerdekaan. Dari semangat pemuda itulah lewat kongres Pemuda maka tepat di tanggal 28 Oktober diperingati sebagai hari Sumpah Pemuda yang melahirkan tiga butir sumpah yaitu Pertama Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah Indonesia. Kedua: Kami putra dan putri Indonesia mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia. Ketiga: Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

Sebagai bentuk memperingati hari Sumpah Pemuda, Madrasah Aliyah Negeri 2 Surakarta menggelar Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda. Sebagai pembina upacara adalah Bapak Drs. Adham Fathoni, dan sekaligus membacakan sambutan dari Mentri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia oleh Pembina Upacara yang menyampaikan bahwa Peringatan Hari Sumpah Pemuda kali ini mengambil tema Revolusi Mental Untuk Kebangkitan Pemuda Menuju Aksi Satu Untuk Bumi. Hal ini diharapkan agar lahir generasi pemuda Indonesia yang tangguh, berkarakter, mandiri dan rela berjuang demi kepentingan bangsa dan negaranya.

Di selah-selah membacakan teks juga memberikan motivasi yang berhubungan dengan sambutannya memberikan semangat kepada siswa. Dalam Sambutannya juga menekankan semangat kepada generasi muda khususnya siswa untuk terus meningkatkan diri baik dari sisi prestasi maupun sisi kepribadian yang berakhlakul karimah. Beliau juga mengutip kelakar Bung Karno yang menyatakan berilah saya seribu orang tua akan kuguncang semeru, berilah satu orang pemuda akan kuguncang dunia karena betapa hebatnya peran pemuda, maka sekali lagi beliau menekankan agar generasi muda (baca: siswa) khususnya Madrasah Aliyah Negeri 2 Surakarta kelak dapat berkarya bagi kemajuan Bangsa Indonesia.

Beliau juga mengkaitkan peringatan hari Sumpah Pemuda tahun ini bertepatan dengan Tahun Baru Hijriyah 1438 H, yang mempunyai arti bahwa dengan adanya tahun baru, kita dapat berhijrah ke arah yang lebih baik, tentunya hari ini harus lebih baik dari kemarin, hari esok harus lebih baik dari hari ini, karena hidup terus berubah, maka berubahlah menjadi pribadi yang lebih baik. Upacara berjalan dengan khidmat dan kesan semangat kepada para generasi muda yang memberikan harapan cemerlang di masa mendatang. Dalam pelaksanaan upacara, juga dibacakan teks sumpah pemuda oleh Tiem Dewan Ambalan MAN 2 Surakarta.

piala

Di akhir upacara diumumkan para juara dalam lomba Taekwondo tingkat Nasional atas nama Novita Herlina Putri Kelas X Agama Juara I reward bebas Iuran Komite selama 6 bulan dan uang pembinaan sebesar Rp. 150.000.00, Bagus Syaifudin Amin Kelas XII IPA 3 Juara Tapak Suci Tingkat Nasional Universitas Erlangga Surabaya Bebas Iuran Komite 6 bulan dan uang pembinaan sebesar Rp. 150.000.00, Juara Tapak Suci tingkat Propinsi Al-Fiah Mukharomah Kelas XI IPS 2 uang pembinaan sebesar Rp. 100.000.00 dan bebas iuran Komite 6 bulan dan yang terakhir Juara I MTQ tingkat Kota Surakarta ananda M. Misbakhul Munir Kelas XII Agama bebas iuran komite 3 bulan dan uang pembinaan sebesar Rp. 100.000.00.- Selamat terus berkarya dan dapat memotivasi generasi muda untuk terus maju. (Ng).

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.