Berita

MAN 2 Surakarta Bentuk Generasi Tangguh Bersama Kopassus

Surakarta, 12 Oktober 2019.

MAN 2 Surakarta adakan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) Tahun 2019, mulai 8 sd. 10 Oktober di Satdion Sriwedari dan Bumi Sekipan Tawangmangu.

Kegiatan dilaksanakan merupakan program madrasah bidang kesiswaan. Untuk saat ini mengambil momen penting dalam rangka memperingati hari ABRI 2019 dengan tema “LDK bersama KOPASSUS siap mengantarkan generasi penerus bangsa menuju baldatun thoyyibatun wa rabbun ghafuur”

LDK tahun ini memang dikemas dengan adanya terobosan baru dengan tujuan untuk menumbuhkembangkan karakter disiplin dan tertib sebagai contoh bagi siswa siswi lainnya. Sejumlah 95 peserta digembleng selama 3 (tiga) hari baik teori maupun Praktek di lapangan. Sebagai instruktur adalah 4 (empat) personil anggota KOPASSUS Kandang Menjangan Surakarta dengan materi menanamkan nilai-nilai ketertiban dan kedisiplinan dalam berorganisasi.

Menurut Nuri Hartono selaku Kepala MAN 2 Surakarta bahwa Madrasah sudah saatnya bangkit dimulai dari diri sendiri tentang karakter tertib dan disiplin. Dia menambahkan kenapa jika di sekolah berbasis angakatan seperti SMA Taruna siswa siswinya bisa disiplin dan tertib. “Menurut saya Madrasah pun bisa tertib dan disiplin jika ada gerakan pembiasaan yang rutin dan terprogram dari semua komponen, contoh mulai disiplin waktu, belajar dan mengajar, disiplin membaca (literasi) dan lain lain” imbuhnya.

Aris Susilo selaku panitia, menyampaikan dalam upacara penutupan bahwa kerjasama antara MAN 2 Surakarta dengan Kopassus adalah untuk membentuk peserta LDK menjadi Pelopor Ketertiban dan Kedisiplinan bagi Siswa siswi MAN 2 Surakarta.

Salah satu Instruktur dari Kopassus (Rachmad Hidayat) mengatakan bahwa siswa siswi MAN 2 Surakarta sangat membanggakan dan cepat faham dalam menerima materi baik teori maupun Praktek. Mereka diajari satu kali langsung faham dan responsif. Jika waktunya agak ideal tentu akan cepat terbentuk sifat dan karakter tertib dan disiplin.

Salah satu peserta LDK ( Ahmad Zally) menyampaikan pengalaman selama mengikuti LDK yang tidak terlupakan dari mulah bagaimana cara bersikap, berbaris, problem solving, Makan dan minum semua diajari dengan cara militer dan Islami. “Harapan saya mudah mudahan besok ketika saya menjadi bagian dari masyarakat harus bisa mengamalkan tentang kedisiplinan Dan Ketertiban sehingga masyarakat indonesia akan menjadi masyarakat yang tangguh dan hebat” (Sugiyono /humas MAN 2 Ska )

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *