Berita | Galeri Foto | Prestasi

MAN 2 Surakarta Berhasil Lolos 50 Besar Nasional Presentasi Proposal MYRES Tahun 2021

Surakarta– Tim Riset Bidang Ilmu Sosial dan Humaniora MAN 2 Surakarta mengusulkan gagasan proposal penelitian berjudul Perempuan dan Kekerasan: Sebuah Studi Respon Pemerintah Kota Surakarta Terhadap Kekerasan Perempuan di Masa Pandemi berhasil lolos 50 besar nasional untuk selanjutnya melakukan presentasi dan penilaian dihadapan juri pada 28 Agustus 2021 lalu.

Tim riset yang beranggotakan Surya Adhi Syahputra dan Trismalina Diah Purwanti berharap selanjutnya masuk ke dalam 15 besar untuk mempresentasikan hasil penelitiannya. Tentu saja berharap lagi bisa menjadi salah satu dari 6 tim yang dinobatkan menjadi juara pada ajang Madrasah Young Researchers Super Camp 2021.

Di bawah bimbingan Yeni Susanti, S.Pd. selaku guru Mata Pelajaran Sosiologi, Surya dan Trismalina mengutarakan latar belakang munculnya gagasan yang diusulkan yaitu adanya empati pada perempuan-perempuan di Kota Surakarta yang sering menjadi korban kekerasan baik fisik maupun psikis di masa pandemi yang kasusnya semakin meningkat dari tahun 2019 sampai 2021 ini.

“Kasus kekerasan yang dialami beberapa perempuan di negeri ini khususnya di Kota Surakarta menjadi perhatian kami sebagai siswa program Ilmu Sosial yang memiliki objek kajian masyarakat. Permasalahan ini sangat relevan dengan materi-materi Sosiologi yang kami pelajari selama ini jadi kami ingin apa yang telah kami pelajari dapat bermanfaat dalam menyelesaikan berbagai permasalahan di sekitar kita,” jelas Surya.

Surya dan tim merencanakan penelitian dengan mengambil subjek penelitian berupa informan primer yaitu pegawai-pegawai di Pelayanan Terpadu Perempuan dan Anak Surakarta (PTPAS) di Kota Surakarta. Sementara informan sekunder diantaranya beberapa perempuan yang menjadi korban, pelaku kekerasan dan keluarga korban.

Melakukan presentasi dihadapan juri merupakan pengalaman pertama bagi Surya dan Trismalina tetapi mereka telah melakukannya dengan sangat maksimal berkat dukungan dan kerjasama dengan TIM IT MAN 2 Surakarta yang dikoordinatori oleh Jahid Bahrudin, M.Pd.I. Dukungan luar biasa juga diberikan oleh Kepala Madasah dan juga bapak ibu guru MAN 2 Surakarta. Muhammad Rafli Hidayatullah, alumni MAN 2 Surakarta yang telah berhasil meraih Juara Harapan 1 Bidang Sains Matematika Dan Pengembangan Teknologi pada ajang Myres Tahun 2020 juga ikut serta memberikan motivasi dan pengarahan kepada adik kelasnya. (YS)

Similar Posts