|

PEKAN BAKTI SANTRI BOARDING SCHOOL MAN 2 SURAKARTA 2019

*MAN 2 SURAKARTA TERAPKAN PEMBELAJARAN BERMASYARAKAT LANGSUNG*

70 SISWA BOARDING SCHOOL MAN 2 Surakarta adakan Pekan Bakti Santri (PBS), di Desa Mulur, Kecamatan Bendosari, Kabupaten Sukoharjo, yang berlangsung mulai Senin – Ahad, 18 – 24 Maret 2018l9. Diikuti oleh 70 putra putri Santri Boarding School MAN 2 Ska. Dalam Acara serahterima oleh Kamad MAN 2 Ska, Drs H. Nuri Hartono yang di dampingi Waka Humas (Sugiyono) dan Waka lain serta Pengelola Boarding School. Beliau menyampaikan bahwa PBS ini merupakan agenda tahunan dengan tempat yang berbeda dari berbagai Kabupaten di wilayah Solo Raya.
Tujuan diselenggarakan BPS adalah mengasah kepekaan sosial dan lingkungan di kalangan santri Boarding School sehingga terbangun kesadaran dan kesetiakawanan sosial sebagai bekal dalam berinteraksi dalam masyarakat yang majemuk, dan memperkenalkan Boarding School MAN 2 Surakarta kepada masyarakat umum serta membekali siswa utk bisa mempunyai jiwa mandiri di bidang sosial kemasyarakatan (non akademik),
bercermin dengan latar belakang adanya banyak siswa di Sekolah-sekolah melalui berita dan sosial media yang akhir – akhir ini banyak yang kurang memahami pendidikan karakter dan akhlak yang santun Boarding School MAN 2 Ska ingin membuktikan bahwa siswa siswi berani tampil beda di tengah masyarakat, di samping itu diharapkan siswa bisa mengamalkan visi misi madrasah yaitu terbentuknya output yang mempunyai akhlak yang santun. Kamad menambahkan bahwa anak – anak dalam terjun di masyarakat diharapkan bisa menjaga Almamater man 2 Ska selain ada maksud misi mengenalkan Program Boarding School MAN 2 Ska kepada masyarakat.
Selanjutnya Kepala Desa Mulur (Sugeng Riyadi) menyampaikan pesan bahwa atas nama masyarakat desa Mulur sangat berterimakasih karena Desa Mulur dipercaya oleh MAN 2 Surakarta untuk ditempati sebagai kegiatan bersosialisasi santri Boarding School MAN 2 Surakarta. “Kami atas nama masyarakat Desa Mulur mengucapkan welcome kepada santri Boarding School MAN 2 Surakarta, yang akan membagi kemampuan baik di bidang kemampuan agama maupun ketrampilan yang lain ” imbuhnya.
Pada kesempatan yang sama salah satu peserta PBS ananda Yulfa kelas XI IPA Boarding Putra salah satu siswa asal Nusa Tenggara Timur (NTT) pada waktu serah terima diberi kepercayaan membaca Alquran, menyampaikan perasaanya ” Saya merasa senang dengan adanya program PBS ini karena ia berkeinginan untuk mengamalkan Ilmu yang selama ini digelutinya di Boarding School MAN 2 Ska akan diamalkan setelah nanti pulang ke kampung halamannya di NTT” ia menambahkan ingin mengajar di TPA dan MTs setempat.
Acara akan berlangsung selama sepekan ke depan mulai 18 – 24 Maret 2019 dengan Agenda,
– Pembelajaran TPA di Mushola dan masjid setempat.
– Partisipasi dalam mengisi Majelis Ta’lim (Kultum) di Mushola dan Masjid
– Pengajaran di TK/RA, SD/MI serta SMP/MTs setempat.
– Mengadakan Seminar Hidroponik dan Sampah Layak Jual.
– Mengadakan Jalan Sehat Keluarga.
– Pembuatan Taman Obat Herbal Keluarga (TOHEGA)
– Pelatihan Keterampilan Kewirausahaan
– Lomba TPA dan Remaja
– Fun Game.
– Cek Kesehatan (kolesterol, Gula darah,) dan Gizi buruk secara Gratis
– Pasar Murah dan Bakti Sosial (penyaluran Sembako)
– Pengajian Akbar sebagai puncak acara
Salah satu warga Mulur pak Sabar mengungkapkan kebahagiaannya dengan adanya PBS ini “saya sangat senang sekali kali ini di desa saya ada kegiatan PBS dari MAN 2 Surakarta.
“Bagi kami sangat membantu di desa kami tambah ramai dan banyak kegiatan yang sifatnya keagamaan maupun kemasyarakatan lainnya”, imbuhnya. (Giek Humas MAN 2Ska)

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *