Berita

PEMBELAJARAN INSPIRATIF DENGAN MODEL OUTING STUDY

tanamanBoarding School Madrasah Aliyah Negeri 2 Surakarta mengadakan kegiatan pembelajaran di luar kelas (Outing Study). Kegiatan belajar diluar kelas (Outing Study) adalah bagian program yang dirancang untuk siswa kelas X Boarding School MAN 2 Surakarta yang berbentuk kegiatan belajar diluar kelas dengan kemasan yang menyegarkan, menyenangkan dan inspiratif bagi siswa. Kegiatan Outing study pada tahun ini dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 2 Nopember 2016 dengan mengambil lokasi belajar di OISCA Training Centre Karanganyar.

Di dalam kegiatan Outing Study yang dialaksanakan di OISCA Training Centre Karanganyar ternyata menambah inspiratif bagi siswa. Terbukti siswa banyak ilmu baru yang dapat untuk melengkapi materi pelajaran mereka pelajari di madrasah. Proses pembelajar di OISCA tidak hanya mempelajari teori akan tetapi siswa diajarkan untuk melakukan kegiatan praktek pengolahan berbagai limbah rumah tangga menjadi fungisida, pestisida maupun penambah bakteri yang membantu pertumbuhan tanaman.

Adapun kegitan Outing Study yang dipelajari kali ini hanya terfokus pada pengolahan berbagai limbah rumah tangga menjadi fungisida, pestisida maupun penambah bakteri yang membantu pertumbuhan tanaman. Diantara limbah yang diolah adalah limbah minyak goreng diolah menjadi sabun cuci piring, limbah dapur menjadi pestisida, sisa-sisa makanan diolah menjadi EMB (Efective Microbacterie Bamboo) yang merupakan bahan penambah bakteri yang membantu pertumbuhan tanaman serta pemanfaatan beberapa bumbu dapur sebagai bahan pembuat fungisida.

Disamping belajar memanfaatkan limbah siswa juga belajar cara memanfaatkan lahan yang sempit untuk menanam berbagai macam sayuran maupun tanaman herbal. Mulai dari pembuatan media tanam, cara penyemaian bibit tanaman serta trik menanam di sekitar tempat tinggal dengan luas lahan yang terbatas.

Menurut Amini Aslamah, M.Pd.I, (Selaku pendamping) mengatakan bahwa kegiatan Outing Study ini sangatlah menyenangkan bagi siswa, terbukti selama mengikuti kegiatan suasana belajar terasa begitu dinamis, aktif dan menyenangkan. Siswa belajar langsung dilokasi dan bisa ikut serta atau mencoba dalam berbagai kegiatan praktek yang dilakukan oleh trainer. Meskipun hari itu cuaca mendung tertapi siswa terlihat begitu antusias mengikuti kegiatan Outing Study ini (Kata Amini Aslamah) (Ng).

(Posting : Monday, 14 November 2016 11:08)

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.