Berita

TIM TRACER ALUMNI BALAI DIKLAT KEAGAMAAN SEMARANG DI MAN 2 SURAKARTA

Surakarta – Dalam rangka Tracing alumni Balaidiklat Kegamanan  Semarang untuk mengumpulkan data-data alumni pendidikan dan pelatihan (Diklat),.Tim dari Balai Diklat Keagamaan Semarang, Senin  (15/3/2021). Tim dipimpin oleh Bapak Junaidi MP.d sebagai salah satu Widyaiswara Balai Diklat Keagamaan Semarang. Kegiatan ini sebagai salah satu upaya untuk mendapat bukti (evidence) terkait alumni  beserta prestasi yang diraih setelah mengikuti diklat.  di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Surakarta

“Kedatangan saya beserta tim dalam rangka mencari data-data alumni yang berprestasi serta kontribusinya bagi madrasah. Hal ini sebagai bahan untuk kami saat menyampaikan presentasi di Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara,” kata Junaidi di sela-sela kegiatan.

Ditambahkan Junaidi, alumni Balai Diklat Keagamaan Semarang diambil testimoninya melalui rekaman video yang selanjutnya akan digabung dengan testimoni alumni-alumni dari madrasah yang lain. Untuk saya kebetulan mengambil data di MAN 1 Surakarta dan MAN 2 Surakarta.

Dipilihnya MAN 2 Surakarta, menurut Junaidi, berdasarkan informasi dari Kantor Kementerian Agama Kota Surakarta bahwa ada guru-guru berprestasi dari madrasah ini. 
“Informasi yang kami dapatkan ada guru berprestasi dari MAN 2 Surakarta sekaligus alumni Balai Diklat Keagamaan Semarang yang memiliki prestasi yang patut dibanggakan, baik tingkat provinsi maupun nasional. Belaiu adalah Diah Nutraini Fathimah SPd. Kami tindak lanjuti informasi tersebut dengan membuat video testimoni dari yang bersangkutan dan juga dari kepala madrasah,” kata Junaidi. 

Prestasi yang telah  Diah capai   adalah pengembangan diri  sebagai bagian dari Rencana Tindak Lanjut setelah mengikuti diklat Revolusi mental ini hingga mampu megembangkan diri dengan ikut seleksi lewat kota proipinsi kemudian tingkat Nasional penerima Anugrah Konstitusi  untuk Guru PPKn 2019 di Mahkamah Kosntitsusi selain itu juga menulis jurnal Karya Ilmiah Buku Moderasi beragama Kemenag RI serta mengajak teman-teman seprofesi untuk membuat jurna karya ilmiah baik di MAN 2 Surakarta dan teman seprofesi se Indonesia untuk bergabung karena kebetulan beliaunya juga pengurus Moderasi beragama GTK Madrasah RI dan TIM Sebelas Moderasi Beragama Kemenag RI , selain itu juga ikut lomba puisi tingkat Nasional ,lomba best Prestise tingkat Nasional selain buku karya –karya yang telah di hasilkan antara lain Semesta Terbaik, Ruang Renung,Melangitkan Doa.selain itu beliau juga dipanggil untuk mengikuti Diklat Lemhannas RI darn Diklat Bela Negara dari unsur Pendidikan .untuk pertama peserta dari Kemenag serta guru dari Madrasah .

Sementara itu menurut Sita Kurniasari selaku Waka Kurikulum  mewakili  kepala MAN 2 Surakarta, dipilihnya  sosok guru tersebut memang sangat beralasan karena terkait yang sudah dilakukan.
“Diah Nuraini Fathimah  adalah sosok guru yang memiliki kompetensi yang baik berbagai bidang   karya ilmiah ,melatih siswa untuk mengikuti berbagai lomba Pramuka hingga mencapai Prestasi di daerah maupuin propinsi  . “Selain itu juga berkecimpung di bidang Kewirausahaan  yaitu dengan mendiriksan Kantin sekolah dengan mengembangkan dari kita untuk kita alhamdulillah bisa sebagai lahan praktek Kewirausahaan untuk siswa .,” kata Sugiyono MPd.I selaku Waka HUMAS MAN 2 Surakarta . Harapannya agar dengan Pendidikan dan pelatihan dari Balai Diklat Semarang akan ada  sosok guru seperti Diah hingga muncul Diah..diah lainnya yang bisa memberikan kontribusi yang positif, baik bagi madrasah maupun masyarakat luas.(an/web/diklat)

Similar Posts