Uncategorized

PEMILU OSIS MAN 2 SKA

Surakarta (27/08/2018)

Majelis Permusyawaratan Kelas (MPK) dan Organisasi Intra Siswa (OSIS) MAN 2 Surakarta gelar Pemilihan Umum Raya OSIS masa bhakti 2018/2019.

Sejumlah kurang lebih 1040 (seribu empat puluh) siswa terdiri dari Program Reguler dan Boarding School dengan bapak ibu guru dan karyawan sekitar 100 (seratus) mengadakan kegiatan pemilu Raya OSIS MAN 2 Surakarta di halaman MAN 2 Surakarta. Pada 5 tahun terakhir proses pemilu OSIS sudah diformat seperti model pemilu di Negara kita Indonesia dengan sistem demokrasi Pancasila yaitu melaui pemilihan langsung.

Pada tahun ini ada 2 pasang kandidat sebagai calon ketua dan wakil ketua OSIS yaitu :

Pasangan nomor 1 adalah Ihsan Iqbal (XI IPS 1)dan Muhammad Elyas (X IPS 4) dan pasangan Nomor 2 adalah Rifky Ahmad S (XI IPA 2) dan Duta Agung N (X IPA 2) mereka lolos menjadi pasangan calon ketua OSIS setelah melalui tes wawancara tentang kepemimpinan oleh pembina OSIS, ketua OSIS lama, ketua MPK serta ketua Komisi Pemilihan Umum Madrasah (KPUM), dan tersaring 2 pasang yang memenuhi syarat untuk berlomba meraih suara terbanyak.

Menurut Abdul Rahman (XII IPA 2) selaku ketua MPK mengatakan bahwa : Saya sebagai pengurus MPK merasa bangga karena telah melaksanakan program regulasi kepemimpinan OSIS MAN 2 Surakarta, pada tahun ini diformat berbeda dengan pemilihan pada kurun waktu 5 tahun terakhir dengan tujuan untuk memberikan pelajaran kepada seluruh warga MAN 2 Surakarta khususnya siswa siswi yang akan melanjutkan estafeta kemimpinan kelak di masyarakat.

Berbeda dengan ketua KPUM Fajar Augusta kelas XI IPA 1 mengatakan bahwa : untuk pemilu OSIS masa bhakti 2018/2019 sedikit berbeda karena kandidat duseleksi langsung oleh Dewan Guru, KPUM Serta MPK di bawah pengawas Wakil Kepala bidang Kesiswaan seleksi dilakukan dengan ketat dengan harapan ketua OSIS terpilih nanti bisa amanah dan bertanggung jawab atas kepemimpinannya satu tahun yang akan datang. Lebih jauh dia menambahkan harapan bahwa para pemilih agar berdasarkan integritas, etos kerja serta hal hal yang menjadi kelebihan dan keunggulan para kedua kandidat, bukan hanya berdasarkan relasi, kedekatan agar tidak masuk pada politik premodial, juga agar kegiatan ini bisa menjadi bahan edukasi dalam kehidupan bermasyarakat kelak. Lebih jauh melaporkan bahwa hasil penghitungan perolehan suara dari total pemilih 1130 (siswa dan guru karyawan) yang menggunakan hak suaranya sejumlah 957 suara, sedangkan 73 orang tidak menggunakan hak suaranya, dari hasil penghitungan suara diperoleh pasangan Nomor urut 1 mendapat suara 324 suara sedangkan pasangan Nomor urut 2 mendapat 574 suara, dengan demikian hasilnya dimenangkan oleh pasangan Nomor 2. Yang in Sya Allah akan dilantik oleh kepala madrasah 3 September 2018 dalam upacara bendera.

Sudarmadi sebagai pembina OSIS MAN 2 Surakarta mengatakan dalam kegiatan ini selain memberi pembelajaran tentang pesta demokrasi juga mendidik siswa agar mengetahui bagaimana cara berorganiasi yang benar, dia menambahkan sayang beberapa anak yang potensial tidak ikut mendaftar sebagai pengurus OSIS.

Kepala MAN 2 Surakarta Nuri Hartono mengatakan ketika diminta pendapat terkait dengan akan diadakannya pemilu raya OSIS, beliau berpesan agar kegiatan dikelola dengan sebaik baiknya agar kelak menjadi pijakan generasi berikutnya dan memberikan apresiasi yang luar biasa bahwa anak-anak punya inisiatif yang bagus sebagai pengamalan mata pelajaran PKn. Selamat….semoga sukses .

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.