Usung Konsep Adat dan Budaya UPACARA HUT RI KE 77 di MAN 2 Surakarta

MAN 2 Surakarta menyelenggarakan rangkaian kegiatan dalam menyambut HUT Republik Indonesia ke 77 tahun 2022. Sebelumnya diawali dengan kegiatan perlombaan yang diikuti siswa – siswi reguler dan Boarding School putra maupun putri, dan puncak kegiatan tersebut jatuh pada hari ini dengan diselenggarakannya Upacara Bendera dalam rangka memperingati HUT Republik Indonesia ke 77 Tahun 2022. Berbeda dengan tahun tahun sebelumnya dimana peserta upacara dari unsur guru dan karyawan biasanya memakai seragam KORPRI lengkap, Upacara kali ini mengusung konsep adat kebhinekaan dan budaya, dimana guru dan karyawan mengenakan baju adat yang beraneka ragam, sedangkan untuk siswa siswi yang mengikuti upacara tersebut mengenakan seragam OSIS lengkap dengan atribut mereka. Upacara dilaksankan di halaman MAN 2 Surakarta dengan tata laksana Upacara Sipil. Kegiatan diawali dengan persiapan guru dan karyawan mengenakan baju adat mereka kemudian dilaksanakan gladi bersih terlebih dahulu disemua lini petugas dan peserta upacara, kemudian upacara dimulai tepat pukul 07.30 dipimpin oleh pemimpin upacara Sdr. Arman Hanifa Zaki, siswa kelas XI IPA 2 Boarding School, Bertindak selaku pembina upacara beliau Bp Kepala MAN 2 Surakarta, Bp. Drs, H. Nuri Hartono yang pada kesempatan ini mengenakan baju adat Palembang, materi upacara dilanjutkan pengibaran bendera merah putih yang  dilaksanakan oleh paskibraka MAN 2 Surakarta yang tergabung dalam Anggota Pakibra Pasnandika MAN 2 Surakarta.
Dalam sambutannya beliau menegaskan bahwa bangsa ini kuat karena didalamnya ada keanekaragaman, beliau menukil ayat dimana manusia diciptakan berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar mereka saling mengenal satu sama lain, beliau juga mengapresiasi dalam pelaksanaan prosesi upacara kali ini sungguh sangat luar biasa, dikonsep dengan apik pengibarannya dan nyaris formasinya seperti paskibraka di Istana Negara.
Rizal salah satu peserta Upacara menambahkan, upacara kali ini Seru, meriah, dan  berbeda dengan tahun yang kemarin, unik karena bapak ibu guru dan karyawan memakai baju adat yang beraneka ragam.
Kegiatan upacara peringatan HUT RI ke 77 di MAN 2 Surakarta dilanjut dengan ramah tamah diakhiri dengan doa dan foto bersama

Similar Posts